Penjelasan Perangkat Lunak pada Komputer

Sistem komputer memerlukan perangkat lunak agar dapat mengoperasikan seluruh sumber daya yang ada pada sistem tersebut. Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Perangat lunak merupakan alat pemroses data. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program/perangkat lunak.
Tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak dari machine-like berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, disusun hierarki informasi mulai dari data/ fakta, setelah proses seleksi dan pengurutan data menjadi sesuatu yang berguna yaitu informasi. Susunan informasi yang sistematis melalui alur logika tertentu membentuk suatu knowledge. Gabungan knowledge dari berbagai sisi akan membangun wisdom. Data yang sudah diproses telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan pemrosesan data hingga saat ini, seluruhnya menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).

Cara Kerja System Komputer

Dari perkembangan perangkat lunak bisa dibayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak itu sendiri. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak adalah menggunakan aljabar Boolean yang direpresentasikan sebagai bit, yaitu 1 (benar/on) atau 0 (salah/off). Cara ini tentu sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini disusun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika. Bentuk bit ini selanjutnya diubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri cukup menyulitkan karena dituntut menghapal banyak kode dan format (aturan) penulisannya juga cukup membingungkan. Dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mendekati bahasa manusia. Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks. Pembuatan perangkat lunak mengiuti urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.

Sejarah Perangkat Lunak
a. Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya berupa sambungan-sambungan kabel antarbagian dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi.

Sistem Komputer Era Pioner

Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung yaitu sebuah program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses (dieksekusi).

b. Era Stabil
Sekarang banyak digunakan stabil komputer. Penggunaannya tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademisi, tetapi juga oleh kalangan industri. Selanjutnya perusahaan perangkat lunak bermunculan dan perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi. Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tetapi sudah banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu melayani banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai dikenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).

c. Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya pemakaian PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

d. Era Modern
Sekarang ini perangkat lunak cukup mudah ditemukan, bukan saja sebuah superkomputer dengan multi prosesornya, sebuah komputer genggam juga dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Demikian juga peralatan rumah tangga seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, air conditioning (AC) dan microwave, telah pula dilengkapi dengan perangkat lunak untuk mengatur operasinya. Pembuatan sebuah perangkat lunak tidak lagi pekerjaan sekelompok orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang. Dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun terus meningkat. Selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal masukan berbentuk suara dan gambar.

Klasifikasi Perangkat Lunak
Secara umum perangkat lunak dapat diklasifikasi menjadi 2 (dua) kelas yaitu perangkat lunak sistem, dan perangkat lunak aplikasi.

a. Perangkat lunak sistem
Perangkat lunak sistem dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu:
a) Bahasa pemrograman
Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.
b) Sistem Operasi
Perangkat lunak yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menerjemahkan masukan, mengatur proses internal, mengelola penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7.
c) Utility
Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu. Msalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Norton Utility.

b. Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangannya pemroses kata, tabel dan database saat ini telah dibundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan diberikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri atas Word Processor (pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
Hal yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus diantaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).

Sistem Operasi
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM secara umum terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang dibuat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan yang dapat dibaca sehingga hasilnya dapat di tambah atau dimodifikasi oleh setiap orang. Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara, cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah, atau dengan cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis. Pembahasan sistem operasi secara khusus telah Anda pelajari pada modul sebelumnya.

Virus Komputer
Pada ilmu komputer, virus yang dimaksud adalah sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan cara menyisipkan program / script ke dalam sebuah file lain. Mirip seperti virus biologis, virus komputer dapat menyebar dengan cepat pada file-file dalam sebuah komputer, atau bahkan menulari file pada komputer lain, baik melalui jaringan maupun lewat kegiatan tukar-menukar file. Banyak virus yang sengaja disebarkan melalui e-mail. Oleh karenanya, jika komputer kita terhubung langsung ke internet, sebaiknya kita harus memasang antivirus dan upayakan agar selalu ter-update (diperbaharui).

a. Jenis Virus
Jenis virus berdasarkan sasaran penyebarannya, yaitu virus boot sector dan virus file. Virus boot sector didesain oleh pembuatnya untuk menginfeksi boot sector, yakni bagian dari sebuah media penyimpanan (disket, hard disk) yang pertama kali dibaca oleh sistem operasi saat media tersebut diakses. Sekali media penyimpanan yang terinfeksi oleh virus jenis ini dipakai untuk melakukan booting, maka virus pun menetap di memory dan siap menginfeksi media penyimpanan lain yang digunakan pada komputer yang sama. Belakangan, virus boot sector berkembang menjadi tipe yang lebih ganas, yaitu yang dikenal sebagai virus partisi (partition table). Tabel partisi adalah bagian pada harddisk yang menyimpan data-data CHS (cylinder/head/sector) yang menjadi pedoman untuk sistem operasi untuk melakukan proses pembacaan. Sekali bagian ini dihancurkan oleh virus, maka tentunya harddisk tidak lagi dapat dibaca dan seluruh data di dalamnya pun melayang.
Sementara itu, virus file bekerja dengan cara menyisipkan programnya dalam sebuah file. Dahulu, saat penggunaan sistem operasi DOS masih meluas, sasaran virus jenis ini adalah file-file executable, yaitu file yang namanya berakhiran dengan ekstensi .COM atau .EXE. Selain melakukan penularan, virus file seringkali menambahkan perintah-perintah tertentu pada kode program yang ditularinya. Umumnya virus semacam ini memiliki sifat sebagai "bom waktu". Program virus akan melakukan aksinya pada waktu-waktu tertentu yang telah ditentukan oleh si programmer. "Aksi" ini bisa bermacam-macam, mulai dari yang ringan seperti menampilkan pesan dan membunyikan speaker, hingga melakukan perusakan dengan menghapus data, atau bahkan memformat harddisk.


Pada saat penggunaan program berbasis Windows mulai marak dengan aneka macam fitur, maka dikenal satu jenis virus baru, yakni virus macro. Macro adalah serangkaian perintah, mirip perintah dalam bahasa pemrograman yang disediakan oleh perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk menyusun suatu rangkaian pekerjaan tertentu. Rangkaian perintah tersebut akan dijalankan sekaligus oleh perangkat lunak saat macro dijalankan. Fasilitas macro berguna untuk memudahkan pengguna dalam melakukan langkah-langkah yang berurutan dan berulang-ulang. Celakanya, fasilitas ini akhirnya disalahgunakan oleh tangan-tangan jahil untuk membuat macro yang berisi perintah-perintah penularan dan bahkan perusakan!


Jenis virus macro yang terkenal adalah virus WordMacro yang khusus dibuat untuk menginfeksi file data dari perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word (berekstensi .DOC). Virus jenis ini memiliki hingga ribuan varian dengan aneka macam jenis gangguan. Mulai dari yang hanya menampilkan pesan pada waktu-waktu tertentu hingga melakukan perusakan pada file. Virus WordMacro tergolong memiliki varian paling banyak karena kode-kodenya yang mudah untuk dimodifikasi. Disamping itu, mempelajari macro pada MS Word tidaklah sesulit mempelajari bahasa Assembly atau C (bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat program virus).

b. Menghindari Ancaman Virus
Sebagai pengguna komputer, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari sistem dari ancaman virus maupun akibat-akibat buruk yang ditimbulkannya:
1. Pasang Anti Virus pada sistem komputer
Sebagai perlindungan di garis depan, penggunaan anti virus adalah wajib. Ada banyak anti virus yang beredar di pasaran saat ini. Beberapa yang cukup handal diantaranya adalah McAfree VirusScan (www.mcafee.com) dan Norton Anti Virus (www.symantec.com).
2. Update database program anti virus secara teratur
Ratusan virus baru muncul setiap bulannya. Usahakan untuk selalu meng-update database dari program anti virus yang digunakan. Database terbaru dapat dilihat pada website perusahaan pembuat program anti virus yang anda gunakan.
3. Berhati-hati sebelum menjalankan file baru
Lakukan scanning terlebih dahulu dengan anti virus sebelum menjalankan sebuah file yang didapat dari mendownload di internet atau menyalin dari orang lain. Apabila anda biasa menggunakan sarana e-mail, berhati-hatilah setiap menerima attachment dalam bentuk file executable. Waspadai file-file yang berekstensi: *.COM, *.EXE, *.VBS, *.SCR, *.VB. Jangan terkecoh untuk langsung membukanya sebelum melakukan scanning dengan software anti virus.
4. Mencurigai bila terjadi keanehan pada sistem komputer.
Menurunnya performa sistem secara drastis, khususnya saat melakukan operasi pembacaan/penulisan file di disk, serta munculnya masalah pada software saat dioperasikan bisa jadi merupakan indikasi bahwa sistem telah terinfeksi oleh virus.

5. Backup data secara teratur.

Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah dibundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan diberikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri atas Word Processor (pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Secara khusus paket beberapa aplikasi akan Anda pelajari pada semester berikutnya seperti pengolah kata, pengolah angka, pengolah basisdata, dan pengolah grafis.
Hal yang berkembang sangat pesat saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis). Perangkat lunak aplikasi umumnya dapat menangani data jenis:

  1. text: type face, type size (satuan point = 1/72"), type weight, type style, font
  2. numbers
  3. pictures
  4. sound
  5. video


Anda akan mempelajari perangkat lunak secara lebih mendalam pada semester depan. Berikut ini akan Anda pelajari secara umum atau garis besarnya perangkat lunak aplikasi.
a. Word Prosesor
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya. Microsoft Word, selanjutnya disebut Word merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan di sana sini sehingga lebih fleksibel digunakan dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program word dan fasilitas lainnya akan bahas lebih lanjut, telah menghantarkan word sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.

b. Spreadsheet
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.

c. Aplikasi Presentasi
Microsoft Power Point yang disingkat dengan nama Ms. Power Point merupakan program aplikasi presentasi canggih yang popular dan banyak digunakan saat ini. Microsoft Power Point akan sangat membantu kita dalam hal merancang, mendesain, membuat, dan mempresentasikan data dalam bentuk yang sangat indah dan elegan. Microsoft Power Point untuk saat ini dikembangkan terus dan ditingkatkan oleh Microsoft Corp. sehingga fungsinya bertambah dan dikonsentrasikan agar Microsoft Power Point ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.

d. Aplikasi Basisdata
Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu untuk membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi yang kecil. Misalnya program untuk kasir di koperasi, penjualan untuk toko. Elemen Access antara lain sebagai berikut:
Table digunakan untuk menyimpan data
Query digunakan untuk memanipulasi data
Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data dan lain lain.
Report digunakan untuk membuat laporan
Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi.
Switchboard digunakan membuat menu utama.

e. Aplikasi Grafis
Photoshop adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu proses manipulasi gambar. Pada dasarnya photoshop digunakan untuk melakukan tugas-tugas berikut ini :
1). Membuat Tulisan dengan Efek Tertentu
Kelebihan Photoshop adalah mampu membuat tulisan dengan bermacam-macam karakteristik.

2). Membuat Tekstur dan Material yang Beragam
Dengan langkah-langkah tertentu, seorang designer bisa membuat gambar misalnya daun, logam, ait dan bermacam gambar lainnya.

3). Manipulasi Gambar dan Photo yang sudah ada
Manipulasi yang bisa dilakukan antara lain: mengubah posisi gambar, komposisi warna, menyambung gambar, menambah border (frame) dan efek-efek lainnya.

4).Memproses Materi Web
Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya let kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready™, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF. Untuk keperluan tersebut, kalian bisa menggunakan Macromec
Fireworks™ di samping Adobe Image Ready™.

Rangkuman
Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).


Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan diberikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri atas Word Processor (pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Hal yang berkembang sangat pesat saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Perangkat lunak aplikasi umumnya dapat menangani data jenis:

  1. text: type face, type size (satuan point = 1/72"), type weight, type style, font
  2. numbers
  3. pictures
  4. sound
  5. video.

0 komentar:

Posting Komentar